Berita Terbaru

Kepala KUA Penghulu KUA
Sumaila, S.Pd.I (Ka.) dan Fajruddin, S.Ag (Penghulu)
Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Uji Baca Tulis Al-Quran bagi Bakal Calon Kepala Desa di Polewali Mandar

Mapilli --- Sejumlah 16 orang dari 3 (tiga) desa yakni Desa Rappang Barat Kec. Mapilli, Desa Beroangin Kec. Mapilli, dan Desa Bulo Kec. Bulo yang bakal calon menjadi kepala desa di Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat. Selain seleksi administrasi dan seleksi lainnya yang ditetapkan oleh Pemkab. Polewali Mandar, peserta juga diwajibkan atau menjadi syarat dalam pemilihan kepala desa adalah mengikuti seleksi uji baca tulis Al-Quran yang dilaksanakan di KUA Mapilli. Seleksi ini dilakukan sesuai Surat Penyampaian dari Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kab. Polman Tanggal 3 September 2012 Nomor 140/219/BPMPD, dan Surat Penyampaian Tindak Lanjut dari Kantor Kementerian Agama Kab. Polman Tanggal 5 September 2012, menyangkut memfasilitasi (membentuk tim penguji) bagi para bakal calon (bakal calon) kepala desa dengan memberikan surat keterangan “dapat baca tulis Al-Qur’an bagi pemeluk Agama Islam dan bagi pemeluk agama lain dapat baca tulis kitab sucinya.
 
Adapun kelengkapan berkas bagi balon kepala desa, yakni diantaranya; surat permohonan pencalonan yang ditandatangani di atas kertas bermaterai, daftar riwayat hidup, surat penyataan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, surat pernyataan setia kepada pancasila, UUD 1945, Cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945 dan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta pemerintah, surat pernyataan pengunduran diri bagi kepala desa atau pejabat kepala desa, surat pernyataan bersedia dicalonkan menjadi kepala desa, dan lain-lain. (selengkapnya tentang kelengkapan berkas bagi balon kepala desa dapat Anda lihat di Link Ini)
Pengujian baca tulis Al-Quran bagi balon kepala desa dari ketiga desa tersebut, KUA Mapilli telah membentuk Tim penguji yang sesuai dengan tupoksinya, yakni berasal dari Penyuluh Agama Islam (Pegawai Negeri Sipil). Dari hasil pengujian tersebut, peserta atau para balon kepala desa diberikan surat keterangan berupa sertfikat yang telah dibubuhi nilai berdasarkan kemampuannya baca tulis Al-Quran. Sehingga nantinya pihak peserta atau bakal calon kepala desa dapat mempergunakannya sebagaimana disebutkan sebagai syarat dalam kelengkapan berkasnya menjadi kepala desa nantinya.
Kepala KUA Mapilli (Ibrahim H, S.Ag) merespon dan menyambut baik pelaksanaan ini, seperti yang beliau ungkapkan di ruang kerjanya “Sebagai umat beragama, ujian tersebut sangat penting untuk menilai kemampuan, pengetahuan dan disiplin para bakal calon sehingga nantinya bila terpilih dapat menjadi pemimpin yang berpengetahuan sebagai panutan di tengah tengah masyarakat.
Kepada para Tim Seleksi dan para calon kepala desa agar benar-benar dan serius menangani dan mengikuti seleksi ini.”. imbuhnya…


No comments :

Leave a Reply