Berita Terbaru

Kepala KUA Penghulu KUA
Sumaila, S.Pd.I (Ka.) dan Fajruddin, S.Ag (Penghulu)
Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Penyaluran Infaq pada Warga Fakir Miskin di Mapilli melalui Gerakan Jumat Berkah

Polewali ---- Pemerintah Kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar dalam hal ini adalah KUA Mapilli berkerjasama dengan Badan Amil Zakat Kec. Mapilli (BAZCAM Mapilli) telah melaksanakan penyaluran bantuan infaq kepada masyarakat fakir miskin (mustahik) dalam bentuk kegiatan Gerakan Jumat Berkah pada hari Jumat tanggal 24 Juni 2011 di 2 (dua) lokasi penyaluran bantuan. Bazcam Mapilli terbentuk mulai tahun 2009 yang bertempat di Kantor KUA Mapilli yang merupakan sekretariat sementara. Penyaluran bantuan ini bersumber atas inisiatif dan kepedulian pemerintah dan pengurus dari lembaga tersebut, melalui hasil musyawarah kerja tahun 2011.


Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, penyaluran ini terjadi di dua lokasi yakni; Dusun Massanra dan Dusun Pullipe Desa Bonne-bonne. Namun yang sempat tersalurkan hanya pada Dusun Masanra walaupun rencana sebelumnya di dua lokasi. Hal ini disebabkan jarak antara kedua lokasi tersebut cukup jauh dan Insya Allah akan disalurkan pada hari Jumat tanggal 1 Juli 2011 di Dusun Pullipe. Selain penyaluran bantuan fakir miskin kepada masyarakat juga dilakukan sosialisi zakat yang bertempat di Mesjid Babun Ni'mah. Tujuannya, agar masyarakat yang memiliki harta lebih, memahami perintah agama tentang zakat sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan, dan memotivasi akan pentingnya nilai sosial masyarakat seperti istilah dalam bahasa mandar "sipakatau".
Penyaluran Infaq diberikan kepada 7 (tujuh) orang fakir miskin (mustahik)  di Dusun Massanra antara-lain; 
1). Ambicci (Indo' Munta, janda 80 tahun); 
2). Hayati (janda, 65 tahun), 
3). Kaina (75 tahun)
4). Ha'ba (Indo Darmi, janda 73 tahun)
5). Alimuddin (Pua' Ra'di, 75 tahun)
6). Jumu (60 tahun)
7). Kaco (67 tahun)

Warga tersebut menerima bantuan berupa beras dan uang tunai yang diberikan melalui kunjungan lansung ke rumah warga. Penyerahan bantuan dilakukan oleh para pengurus BAZCAM Mapilli yang disaksikan oleh Kepala KUA Mapilli, tokoh-tokoh agama, penyuluh agama, dan masyarakat setempat. 




Untuk lebih jelasnya mengenai Gerakan Jumat Berkah yang di prakarsai oleh BAZCAM berkerjasama dengan KUA serta para penyuluh agama diwilayah Kecamatan Mapilli dapat berkonsulasi langsung di Sekretariat Bazcam pada jam kerja. Wassalam (red. penyuluh agama)


No comments :

Leave a Reply